14 Januari 2018 | Olahraga

Hantu Anoeta

BARCELONA- Hingga pekan 18 La Liga 2017/2018 bergulir, Barcelona masih belum ternoda. Rekor tersebut berpotensi patah saat bertandang ke Anoeta, kandang Real Sociedad yang seolaholah selalu menghantui Los Cules.

Tim Catalan itu tidak terkalahkan dalam 18 pertandingan sehingga nyaman di puncak klasemen dengan perolehan 48 poin. Barca unggul sembilan poin dari saingan terdekatnya, Atletico Madrid, dan 16 poin dari juara bertahan Real Madrid yang masih memiliki satu pertandingan sisa. Data statistik memperlihatkan, Barca tidak pernah menang di markas Sociedad dalam enam kunjungan terakhir di La Liga.

Pada lawatan terakhirnya ke Anoeta pada November dua tahun lalu, Barca tertinggal lebih dahulu sebelum berimbang 1-1. Tiga poin terakhir Barca di kandang Sociedad di liga terjadi lebih dari satu dekade lalu. Saat itu, Blaugrana menang 2-0 lewat gol-gol Andres Iniesta dan Samuel Eto'o pada akhir musim 2006/07.

Pertandingan berpotensi semakin rumit bagi Barca karena Sociedad menempati peringkat 12 klasemen usai mengumpulkan 23 poin. Sociedad hanya tertinggal satu angka dari Celta Vigo di peringkat 15, dan butuh kemenangan demi menjauhi degradasi. ”Kami berharap laju kami bertahan lebih lama, untuk menikmati setiap momen,” ucap gelandang Barca Ivan Rakitic di Marca. Dalam laga nanti, Barcelona tampil tanpa Samuel Umtiti, Paco Alcacer dan rekrutan baru Philippe Coutinho yang masih cedera.

Lionel Messi dan Luis Suarez masih menjadi andalan untuk membobol gawang lawan. Sementara dari kubu Sociedad, pelatih Eusebio kehilangan Inigo Martinez yang cedera. Di lini serang, Eusebio bakal berharap banyak pada trio Willian Jose, Mikel Oyarzabal dan Adnan Januzaj.(rtr,H54-64)

Berita Lainnya