14 Januari 2018 | Olahraga

Berpeluang Rekrut Bek Madura United

SEMARANG- PSIS Semarang berpeluang mendapat tambahan stok bek lokal menyusul merapatnya Gilang Ginarsa dalam latihan yang digelar di lapangan Yayasan Terang Bangsa, Sabtu (13/1). Mantan bek Madura United dan Arema FC ini berstatus pemain seleksi di skuad asuhan Subangkit.

Sebelumnya, PSIS juga kedatangan bek yang pada 2016 silam memperkuat Laskar Mahesa Jenar di Indonesia Soccer Championship B, Fauzan Fajri. Mantan kapten PSIS ini berstatus sama dengan Gilang. Keduanya bermain di tim yang sama dalam game internal yang diadakan Subangkit. Di lini belakang khususnya untuk posisi bek, saat ini PSIS sudah resmi merekrut tiga pemain, dua pemain lokal yang musim lalu mengantarkan PSIS promosi, Haudi Abdillah dan Rio Saputra ditambah bek asing Petar Planic.

”Dari beberapa pemain yang ikut seleksi Gilang paling berpeluang besar kami rekomendasikan untuk direkut. Namun tidak menutup kemungkinan pemain lain. Sebab, di lini belakang saya lihat lebih aman jika memainkan tiga pemain dengan formasi 3-4-3. Kami butuh bek lokal yang kualitasnya di atas pemain yang ada,” kata Subangkit usai latihan.

Selain Gilang dan Fauzan, ada dua pemain lokal yang juga ikut seleksi. Dua pemain ini yakni bek sayap jebolan Persib U-21 Yuda Mega Herawan dan mantan winger Mitra Kukar Arpani. Nama terakhir ini memiliki prestasi mentereng sebab pernah menyabet pemain muda terbaik bersama Pusamania Borneo FC di Piala Gubernur Kaltim 2016 lalu. ”Selain bek tengah, kami juga butuh bek sayap maupun winger yang punya kemampuan menyisir sisi lapangan saat bertahan maupun menyerang.

Sehingga saat bertahan kami punya lima pemain belakang dan begitu juga saat menyerang. Sejauh ini bek sayap kami baru punya tiga, (Safrudin) Tahar, Akbar (Riansayah), dan Frendi (Saputra),” lanjut Subangkit. Di posisi tersebut sudah beberapa pemain dipulangkan karena belum sesuai dengan keinginan pelatih asal Pasuruan itu. Sebut saja mantan bek sayap Kalteng Putra Ikhfanul Alam dan mantan bek sayap Madura United Eriyanto.

Tiga Ekspatriat

Sementara itu, untuk kebutuhan pemain asing, Subangkit akan melihat kemampuan tiga ekspatriat yang datang pada Sabtu, (13/1) sore. Mereka adalah striker asal Mali bernama Amadou Gakou, striker asal Liberia Edward Junior Wilson yang pernah memperkuat Semen Padang, dan striker asal Brazil yang terakhir berkostum Dragon FC di Liga El Savador bernamaAntonio Jackson de Oliveira Alcantara.

”Ketiga pemain ini baru datang dan belum ikut latihan. Intinya kami masih butuh striker dan playmaker untuk slot pemain asing. Satu pemain asing asal bebas dan satu lagi dari Asia,” tandas Subangkit. Kriteria yang dia inginkan yakni, striker yang posturnya tinggi. Sebab di Liga 1 nanti menurut Subangkit, lawan juga punya pemain belakang dengan postur yang bagus.

”Kalau soal usia saya ingin pemain yang matang. Untuk striker 30 tahun ke bawah. Selain itu tentunya memiliki sentuhan penyelesaian yang bagus dibanding dengan striker lokal. Selama ini tiga striker yang datang seperti Purishkin, Leandro, dan Sendra belum memenuhi kriteria saya” ucapnya.(mam, H85-64)

Berita Lainnya