image

SM/Wisnu Kisawa - Sendratari Ramayana

31 Desember 2017 | Jalan-jalan

Rama Sinta dalam Pahatan Batu

MENGAPApementasan sendratari Ramayana dipergelarkan di Candi Prambanan? Untuk menjawab pertanyaan itu, rasanya perlu jalan-jalan lebih dahulu ke kawasan candi sebelum ke panggung Ramayana. Di sanalah ada satu alasan yang menjawab pertanyaan itu.

Ya, sebelum menikmati sendratari Ramayana, sebaiknya pada siang hari Anda jalan-jalan terlebih dulu ke kawasan Candi Prambanan. Dengan menyusuri kawasan candi peninggalan kerajaan Mataram Hindu itu, Anda akan memperoleh banyak bekal untuk menyaksikan pertunjukan.

Di salah satu candi di kompleks Prambanan, terpampanglah epos Ramayanadalam relief. Dalam keindahan pahatan-pahatan batu, epos itu terkisahkan dengan jelas. Itulah kisah tentang kesaksian cinta Ramawijaya dan Dewi Sinta.

Kisah Ramayana sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Jawa sejak ratusan tahun silam. Itu antara lain terbukti oleh peninggalan-peninggalan sejarah. Misalnya, ditemukan dua lembar lontar yang mengungkap tentang Kakawin Ramayana. Peninggalan lain tentu saja relief Candi Prambanan.

Dengan bantuan pemandu, Anda akan memperoleh penjelasan seputar relief Ramayana. Anda bisa mengenali para tokoh selain tokoh utama, seperti Rahwana dan Jatayu. Semua hadir dalam pahatan yang mengalir seindah tersaji di panggung sendratari. (44)

Berita Lainnya