image

Foto: Istimewa

16 April 2018 | 21:15 WIB | Liga Indonesia - Nasional

Laga Pembuka Liga 2 Berubah Jadi 23 April

JAKARTA, suaramerdeka.com- Laga pembuka Kompetisi Liga 2 musim ini yang semula akan digelar pada 21 April 2018, akhirnya diubah. Sesuai keputusan bersama pada temu manajer Liga 2 2018 di Jakarta, Senin (16/4), kick off mundur dua hari jadi 23 April. Laga perdana kompetisi kasta kedua sepak bola Tanah Air tersebut tetap mempertemukan tuan rumah Persis Solo lawan Semen Padang di Stadion Manahan, Solo.

"Tidak ada pertimbangan teknis secara spesifik soal laga pembuka yang mempertemukan Persis lawan Semen Padang. Seperti yang diketahui, Persis punya pendukung yang fanatik dan stadion yang bagus. Sementara Semen Padang punya sejarah yang bagus di sepak bola Indonesia,” ujar Chief Operating Officer PT Liga Indonesia Baru (LIB), Tigorshalom Boboy.

Dalam pertemuan itu, beberapa hal juga disepakati dan dijelaskan kepada semua peserta. Seperti soal dana subsidi yang akan diterima oleh setiap klub.  Menurut Direktur Utama PT LIB Berlinton Siahaan, selama babak penyisihan grup, setiap klub akan mendapatkan dana bantuan senilai Rp 1, 250 miliar.

Setelah itu akan ada dana tambahan bagi klub yang masuk babak delapan besar. "Bagi klub yang lolos pada babak tersebut, akan mendapatkan tambahan Rp 200 juta. Lalu, klub yang mengantongi gelar juara, nantinya akan mendapatkan uang hadiah Rp 1,5 miliar. Peringkat kedua Rp 1 miliar dan peringkat ketiga mengantongi Rp 500 juta,” jelas Berlinton Siahaan.

Pihak PSSI mendukung penuh apa yang telah disepakati oleh semua kontestan tersebut. “Tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Liga 2 2018 hanya diikuti 24 klub. Tentu spirit-nya akan tidak berbeda jauh dengan Liga 1, ada keolahragaan dan industri,” kata Joko Driyono selaku Plt Ketua Umum PSSI.

Respons yang sama juga ditunjukkan para peserta. Seperti yang diutarakan pelatih Persibat Batang, Daniel Roekito. “Jujur, awalnya saya penasaran dengan klub Liga 2 dan peta persaingannya. Setelah mendalami dan melihat antusiasme peserta, ternyata tidak berbeda jauh dengan klub-klub Liga 1. Mudah-mudahan ini awal yang cukup bagus,” kata Daniel.

(Arif M Iqbal /SMNetwork /CN26 )