image

Foto: Francisco Leong / AFP / Getty Images

15 Februari 2018 | 05:40 WIB | Liga Champions-Europa

Trigol Sadio Mane Bawa Liverpool Pesta Gol di Markas Porto

OPORTO, suaramerdeka.com- Liverpool meraup hasil sempurna pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions usai melumat FC Porto 5-0 dalam laga di Estadio do Dragao, Kamis (15/2) dini hari. Sadio Mane menjadi pahlawan Liverpool usai mencetak hattrick dalam laga ini, ditambah dua gol lain dari Mohamed Salah dan Roberto Firmino.

Di awal laga, kedua tim terlibat pertaruangan ketat sehingga kesulitan untuk menembus kotak penalti lawan. Menit 10, Porto mendapat peluang pertama melalui tembakan Otavio yang diblok oleh Dejan Lovren sehingga bola masih sedikit melambung. Dua menit berselang, Liverpool membalas via sepakan keras Andrew Robertson, namun bola mengarah ke atas mistar gawang.

Menit 25, Liverpool membuka keunggulannya setelah Mane menguasai bola yang terlepas dari Giorginio Wijnaldum, lalu melepas sepakan yang awalnya terlihat akan bisa diamankan oleh kiper Porto, Jose Sa. Namun, bola malah menerobos lewat bawah badannya dan masuk ke dalam gawang.

Empat menit, Salah memperbesar keunggulan Liverpool usai memaksimalkan bola muntah hasil sepakan tembakan keras James Milner mengenai tiang gawang. Menit 44,  Porto berpeluang menipiskan ketertinggalan via sepakan Tiquinho yang masih melenceng tipis dari gawang Liverpool. Skor 2-0 untuk Liverpool bertahan hingga babak pertama usai.

Di menit 53, Liverpool kembali merobek gawang Porto yang diawali dari umpan matang Salah kepada Firmino, yang menyambarnya dengan tembakan ke arah gawang. Jose Sa bisa menepis bola sepakan Firmino, tapi Mane muncul dari belakang untuk menyambar bola rebound ke dalam gawang.

Memasuki menit ke-69, Liverpool menambah derita Porto melalui gol keempat setelah Firmino dengan begitu leluasa menuntaskan umpan tarik yang dikirimkan Milner dari sisi kiri. Menit 85, Mane mencetak gol ketiganya usai menaklukkan Jose Sa dengan tembakan dari luar kotak penalti.

Liverpool pun unggul 5-0 dan skor ini bertahan hingga akhir laga. Kemenangan besar ini membuat Liverpool berada di ambang kelolosan ke perempatfinal. Di leg kedua, mereka akan menjamu Porto di Anfield pada 6 Maret 2018.

(Andika Primasiwi /GLCM /CN26 )