image

Foto: suaramerdeka.com / M Alfi Makhsun

21 Januari 2018 | 19:28 WIB | Liga Indonesia - Nasional

Subangkit Atur Siasat Hadapi Lapangan Becek

MALANG, suaramerdeka.com- Pelatih PSIS, Subangkit berencana memberikan instruksi khusus kepada para pemainnya untuk menyiasati kondisi lapangan di Malang yang becek karena diguyur hujan dalam latihan Senin (22/1) ini.

Mantan juru taktik Sriwijaya FC itu melihat, sejak mereka datang di Kota Apel hingga setelah laga melawan Bhayangkara FC di pembuka Grup E (setelah diubah operator turnamen dari Grup C) Piala Presiden 2018, hujan sepanjang hari turun dari siang hingga malam. Di laga yang berakhir dengan kekalahan timnya 0-1 itu,

Subangkit berharap Haudi Abdillah dkk juga tidak kaget lagi di laga kedua melawan Arema FC, Rabu (25/1) malam mendatang di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang. ''Bermain di Stadion Gajayana atau Stadion Kanjuruhan sekalipun di Malang saya kira cuaca buruk tidak akan bisa dihindari. Kami harus siap untuk bermain di lapangan becek saat melawan tuan rumah di laga kedua. Selasa ini kami akan coba beberapa skema untuk mengantisipasi hal tersebut,'' kata Subangkit.

Meski begitu pria berusia 58 tahun itu juga tidak akan luput menyiapkan taktik normal dalam kondisi cuaca cerah. Subangkit juga meyakini lawannya menyiapkan strategi serupa. Apalagi Arema FC baru saja ditahan imbang 2-2 oleh Persela Lamongan di lapangan yang sama dan kondisi serupa kemarin di Stadion Gajayana.

''Saya kira kami belajar banyak soal lapangan dan pertandingan melawan Bhayangkara. Melawan Arema kami sudah dua kali. Saya dan Gethuk (Joko Susilo, Pelatih Arema FC-Red) sudah sama-sama tahu soal kekuatan dan strategi masing-masing,'' lanjut Subangkit.

Dalam dua pertemuan awal Januari lalu Arema FC menyapu bersih kemenangan. Baik di Malang dan di Magelang dalam laga uji coba. Namun saat itu hanua babak kedua di Magelang saja yang cuacanya diguyur hujan. Permainan kedua tim di babak tersebut sama-sama berimbang meski Singo Edan sudah mencetak satu gol lebih awal di babak pertama. Saat itu PSIS kalah 0-1 dalam pertandingan yang dihelat di Stadion dr H Moch Soebroto.

''Kami akan mencoba melakukan compact defence terlebih dulu seperti laga kemarin. Baru keluar menyerang. Kami coba maksimalkan strategi ini. Komposisi pemain kemungkinan ada perubahan untuk memberi jam terbang pemain lain saat lawan Arema FC,'' tandas Subangkit.

(M Alfi Makhsun /SMNetwork /CN26 )