image

Foto: suaramerdeka.com / Jati Prihatnomo

12 Januari 2018 | 21:39 WIB | Liga Indonesia - Nasional

Piala Presiden Akan Tambah Jam Terbang Pemain PSIS

JAKARTA, suaramerdeka.com- Pembagian grup untuk Piala Presiden 2018 telah dilakukan dalam Manajer Meeting yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (12/1). Dalam turnamen pra musimitu, PSIS Semarang bergabung di grup C bersama tuan rumah Arema FC, Bhayangkara FC dan Persela Lamongan.

Direktur teknis PSIS, Setyo Agung Nugroho mengaku optimis tim Mahesa Jenar mampu bersaing dalam turnamen pra musim tersebut. Ia juga berharap,gelaran Piala Presiden 2018 mampu dimanfaatkan para pemain untuk menempa mental bertanding serta menambah jam terbang sebelum tampil dalam kompetisi Liga 1mendatang.

"Pastinya ajang ini sangat bermanfaat bagi tim, terutama bagi pemain kami yang datang dari Liga 2 untuk menambah jam terbang, mereka harus siap bermain dilevel tinggi. Meski cukup berat, kami optimistis PSIS bisa bersaing, nantinya Piala Presiden juga kami gunakan untuk seleksi pemain.” ujarnya.

Sementara, Direktur Utama PSIS, Kairul Anwar mengatakan, babak penyisihan Piala Presiden Grup C akan berlangsung di Stadion KanjuruhanMalang, 20-30 Januari 2018 mendatang. Di laga perdana, tim besutan Subangkit akan berjumpa juara Liga 1 2017, Bhayangkara FC (20/1),kemudian melawan tuan rumah Arema FC (25/1) dan terakhir bertemu Persela Lamongan (30/1).

Selama turnamen di gelar, tiap tim peserta disebutkan mendapat subsidi sebesar Rp 100 juta. Selain itu, juga diwajibkanmengirim satu perwakilan di panitia disiplin Piala Presiden. “Secara umum babak penyisihan grup Piala Presiden akan berlangsung pada 16-30 Januari. Namun, PSIS baru melakoni laga grup C mulai 20 januari mendatang. Untuk perwakilan PSIS di Pandis Piala Presiden, saya sendiri yang akan ada di sana." tandasnya.

Hanya saja dalam manager meeting grup yang dihuni PSIS mengalami perubahan. Dari Grup E menjadi Grup C.  Alasan dari disebut Kairul karena operator turnamen melihat grup yang dihuni PSIS menjadi prioritas pertandingan yang akan disiarkan langsung televisi. Adapun tim-tim yang semula ada di Grup C seperti Persebaya Surabaya, Madura United, Perseru Serui, dan PS TNI bergeser ke Grup E. Tiga grup lainnya tidak ada perubahan.

''Perubahan grup ini tidak mempengaruhi lawan-lawan PSIS dan tempat penyelenggaraan. Hanya saja terkait jadwal bertanding kami masih menunggu konfirmasi jadwal dalam beberapa hari ke depan. Jadi pertandingan tanggal 20, 25, dan 30 Januari di Malang belum fix untuk Grup C ini,'' ujar Kairul Anwar.

Secara umum nantinya penyisihan grup akan dilangsungkan pada 16-30 Januari. Berlanjut untuk perempat final akan diselenggarakan di Stadion Manahan pada 3-4 Februari. ''Untuk Semifinal nantinya akan dilangsungkan pertandingan dengan format home-away pada 10-13 Februari. Finalnya dilaksanakan single match pada 17 Februari di Stadion Gelora Bung Karno,'' tandas Kairul.

(Jati Prihatnomo /SMNetwork /CN26 )