image

foto ilustrasi: istimewa

17 April 2018 | 20:30 WIB | Semarang Metro

Masih Banyak Biro Umroh Tidak Berizin di Jawa Tengah

SEMARANG, suaramerdeka.com- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menyatakan masih banyak biro umroh di Jawa Tengah yang tidak berizin. 
Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Sholikhin mengatakan, masih banyak biro tidak berizin karena berperan sebagai pengepul dan mengaku cabang tetapi tidak mempunyai izin. 

"Seperti Ariflah di 2014 ketangkap karena menipu dan ternyata kantor pusat di Jakarta menuntut cabang karena tidak punya izin malah mengumpulkan orang untuk pergi umroh atas nama Ariflah," katanya, saat diskusi Ibadah Aman Tanpa Tipuan yang diselenggarakan Forum Wartawan Pemprov Jawa Tengah (FWPJT) di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa (17/4). 

Penyelenggara perjalanan umroh di Jawa Tengah yang terdaftar ada 26 kantor pusat dan cabang ada 35 biro. Sedangkan penyelenggara ibadah haji khusus ada lima untuk kantor pusat dan cabang ada 16 biro. 

Sholikhin menjelaskan masih banyaknya biro umroh tidak berizin memang tidak tercover di Kanwil Kemenag Jawa Tengah. Sehingga pihaknya mengimbau agar masyarakat yang ingin berumroh agar bisa mengecek biro yang benar-benar terdaftar serta jangan tergiur dengan harga murah. 

Sementara itu untuk membantu masyarakat yang ingin umroh agar tidak terkena penipuan, Bank Jateng juga mengambil peran dengan menjadi mitra Kementerian Agama dan beberapa biro perjalanan haji dan umroh resmi. 

Kepala Divisi Syariah Bank Jateng, Rizani Arifin menunturkan, Bank Jateng memberikan solusi bagi masyarakat yang ingin pergi umroh salah satunya dengan menalangi dan memberikan fasilitas tabungan. "Contoh jemaah yang uangnya kurang kita bisa talangi dan ini bagian dari mitigasi biro-biro umroh yang nakal," jelasnya. 

Rizani mengatakan, Bank Jateng akan menyeleksi biro umroh yang ingin menjadi mitra. Sampai saat ini sudah enam biro umroh yang bekerja sama dengan Bank Jateng. 

(Cun Cahya /SMNetwork /CN40 )

NEWS TERKINI