image

REHAB RTLH: Personel TNI dari Koramil 17/Sumberlawang bersama dengan masyarakat, membangun rumah warga miskin agar layak huni. (suaramerdeka.com/Basuni H)

17 April 2018 | 20:18 WIB | Solo Metro

Kodim Bantu Rehab RTLH Warga Miskin

SRAGEN, suaramerdeka.com- Senyum mengembang hadir dari Marinem (56), warga miskin yang tinggal di Dusun Tanjungsari RT 7 Desa Jati, Kecamatan Sumberlawang. Hal itu karena rumahnya yang masuk dalam kategori  rumah tidak layak huni (RTLH) dibangun dan direhab agar layak huni, Selasa (17/4). Rumah janda miskin tanpa anak tanpa saudara itu dibangun oleh Koramil 17/Sumberlawang Kodim 0725/Sragen bekerjasama dengan YBM PLN serta masyarakat setempat. 

Suyitno, dari YBM PLN mengatakan, mereka selaku pemberi bantuan memang bekerja sama dengan koramil setempat untuk membedah rumah janda tersebut. “Kami tidak bisa mengerjakan sendiri karena keterbatasan dana yang hanya Rp 10 juta, untuk itu kami bekerjasama dengan TNI Koramil Sumberlawang dan warga setempat. Dari Koramil Sumberlawang sendiri merespon baik kegiatan ini, Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Danramil Kapten Wanto beserta jajarannya,” kata Suyitno.

Menurut dia, yang diperbaiki dalam rehab RTLH tersebut diantaranya lantai yang semula tanah diperkeras alias di semen. Sebelumnya, karena hanya lantai dari tanah, bila saat hujan tiba, rumah Marinem pasti selalu becek. Dinding yang semula terbuat dari anyaman bambu, yang rapuh bila ditekan dengan sedikit tenaga saja sudah jebol, sekarang digantikan denga tembok bata tinggi 80 cm dan disambung dengan calsiboard. Selain itu bila semula Marinem buang air besar (BAB) di kebun belakang rumah dikarenakan jauh dari sungai, sekarang sudah dibuatkan jamban. Pintu rumah yang tulang dan papanya sudah tak bisa menutup rapat rumahnya sekarang digantikan kusen dan daun pintu baru.

Danramil 17/Sumberlawang, Kapten Cba Suwanto mengatakan, untuk membantu rehab RTLH tersebut, pengerjaan dimulai Kamis (12/4). “Kami berharap dengan rehab RTLH ini, ibu Marinem bisa lebih nyaman tinggal dirumah barunya dan sekarang rumahnya juga menjadi lebih sehat” kata Kapten Suwanto. 

Pihaknya juga sangat mengapresiasi bantuan dari PLN tersebut, karena untuk makan saja marinem kesulitan, apalagi untuk merehab rumahnya. Dandim 0725/Sragen, Letkol Arh Camas mengatakan, pihaknya merespon baik bantuan dari PLN tersebut dan dirinya memerintahkan Koramil setempat untuk menindaklanjuti. “Bedah RTLH warga miskin ini adalah suatu bentuk wujud bakti TNI kepada rakyat,” tandas Dandim.

(Basuni Hariwoto /SMNetwork /CN40 )

NEWS TERKINI