image

SERIUS: Para siswa SD Jipangan 1, Kecamatan Banyudono mendengarkan sosialisasi tentang manfaat listrik PLN. (Foto: suaramerdeka.com/Joko Murdowo)

17 April 2018 | 16:15 WIB | Solo Metro

Manfaat Listrik Disosialisasikan kepada Siswa SD

BOYOLALI, suaramerdeka.com- PLN Area Klaten menggelar sosialisasi kebersihan lingkungan dan bahaya listrik di SDN Jipangan 1, Kecamatan Banyudono, Boyolali, Selasa (17/4). Pada sesi tanya jawab, petugas memberikan hadiah coklat kepada setiap siswa yang berani mengajukan pertanyaan.

Dalam penjelasannya, petugas mengenalkan PLN sebagai perusahaan milik negara untuk memenuhi dan memasok kebutuhan listrik di Indonesia.

“Listrik yang dipasok hingga ke rumah- rumah adalah berkat adanya PLN. Kemudian pembangkit listrik ada macam-mamcam. Da tenaga air, gas ataupun tenaga uap,” ujar petugas PLN dalam sosialisasi.

Para siswa juga diingatkan agar berhati- hati menggunakan listrik. Jangan seenaknya mencolok stop kontak listrik di dinding dengan jari tangan. Siswa juga diingatkan agar tidak bermain- main atau menggigit kabel listrik.

“Sangat berbahaya karena bisa kena setrum,” tandasnya.

Tak hanya sosialisasi tentang listrik, petugas juga mengajak para siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan. Caranya dengan menyapu setiap hari.

Usai sosialisasi, digelar penanaman pohon di jalan sekitar SDN Jipangan 1 dan Balai Desa setempat. Para siswa pun nampak antusias ikut program penananam pohon tersebut. Ada bibit buah matoa, sirsak, cempedak dan aneka tanaman buah lainnya.

Manajer Area PLN Klaten, Moch Rochim menjelaskan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pengertian tentang manfaat listrik bagi para siswa. Diharapkan, mereka sejak dini mengetahui manfaat listrik bagi kehidupan manusia.

“Kami juga mengajak anak- anak untuk mencintai lingkungan,” katanya di sela- sela acara.

Untuk itulah, pihaknya juga melakukan gerakan penanaman bibit tanaman buah- buahan. Ada puluhan bibit buah- buahan yang ditanam di pinggir jalan. Pihaknya berharap, tanaman bisa dijaga oleh masyarakat agar tumbuh subur.

(Joko Murdowo /SMNetwork /CN41 )

NEWS TERKINI