image

Foto: suaramerdeka.com/dok

17 April 2018 | 17:30 WIB | Suara Muria

Sigapnya TNI Menolong Warga

PATI, suaramerdeka.com- Satgas TMMD Reguler ke 101 yang kali ini digelar di Desa Godo Kecamatan Winong Kabupaten Pati  tidak hanya fokus kepada pekerjaan sasaran fisik saja. Sasaran non fisik serta kepekaan dan kepedulian Satgas untuk peduli dengan warga dan lingkungan di sekitarnya juga diuji di sini.

Hal tersebut terlihat ketika Serka Nur Khamid, satgas TMMD, singgah di Balai Desa Godo. Tanpa disengaja ia melihat seorang kakek penyandang disabilitas berjalan menggunakan tongkat ke arah kantor Kepala Desa.

Melihat kesulitan kakek saat berjalan pincang, rasa iba timbul dari benak Serka Nur Khamid. Dengan sigapnya Khamid langsung menghampiri dan menuntunnya menuju kantor Kades Godo. Itulah wujud nyata bentuk TNI dalam membantu kesulitan-kesulitan di sekelilingnya.

Bentuk kepedulian seperti ini bukan hanya sekadar untuk mencari muka atau mencari nama atau pencitraan belaka.  “Ini sudah melekat di hati dan jiwa kami untuk membantu warga masyarakat, sesuai dengan 8 wajib TNI yang selalu menjadi pegangan kami,” tegas Nur Khamid.

Sikap ini sejalan dengan 8 Wajib TNI, yakni Bersikap ramah tamah terhadap rakyat, Bersikap sopan santun terhadap rakyat, Menjunjung tinggi kehormatan wanita, Menjaga kehormatan diri di muka umum, Senantiasa menjadi contoh dalam sikap dan kesederhanaannya,  Tidak sekali-kali merugikan rakyat, Tidak sekali-kali menakuti dan menyakiti hati rakyat, Menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Dalam kesempatan tersebut sang kakek tua tersebut tak lupa mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang telah diberikan kepadanya. "Matur nuwun sanget nggih pak," (terima kasih sekali ya pak) sudah mau menolong saya berjalan menemui Bapak Kepala Desa,"ujar Suparjo warga RT.04 RW.02 Desa Godo Kecamatan Winong. 

(Red /SMNetwork /CN41 )

NEWS TERKINI