image

TRAINING MOTIVASI: Para murid kelas 12 MAN 1 Kebumen mengangkat tangan saat mengikuti training motivasi menjelang UNBK  di aula madrasah,  Jumat (6/4). (suaramerdeka.com/Supriyanto)

07 April 2018 | 02:53 WIB | Suara Kedu

Jelang UNBK, 266 Siswa MAN 1 Kebumen Ikuti Training Motivasi

KEBUMEN, suaramerdeka.com-  Sebanyak 266 pelajar kelas 12 MAN 1 Kebumen mengikuti training motivasi di madrasah setempat, Jumat (6/4).  Motivator, trainer, novelis, praktisi pendidikan Hendri Unduh Nurmawan yang menjadi narasumber pada training tersebut  memberikan training motivasi quantum spiritual bagi pelajar. 

Materi yang disampikan oleh Hendri Unduh ialah quantum spiritual dalam konsep law of attraction (LoA). Materi ini mempunyai pengertian hukum tarik menarik. Artinya jika manusia mempunyai tekad yang kuat maka pasti semua tujuannya akan tercapai. Keyakinan akan membuat manusia fokus terhadap apa yang dikerjakan.

Dalam training yang dibuka oleh  Kepala MAN 1 Kebumen H Mahmudin SPd MAg itu, Hendri Unduh memberikan motivasi dengan menyentuh hati para peserta.  Mendengar penuturan  sang motivator para pelajar yang menyongsong Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Madrasah Berstandar Nasional (UMBN) tersebut menangis menangis histeris. Mereka seolah diperlihatkan  atas kesalahannya selama ini, baik kepada Tuhan, orang tua, guru  maupun teman sebaya. 

"Dengan mengetahui kesalahannya, mereka akan meminta maaf dan tidak akan mengulangi kesalahan itu. Dengan demikian maka hati siswa akan lapang tanpa beban. Ini sangat penting agar siswa mampu menerima pelajaran dengan baik,” paparnya menyebutkan dengan hati yang bersih maka akan mampu meraih kesuksesan. 

Dia menyebutkan  bahwa pendekatan spritual memerlukan penyadaran diri. Jiwa yang kerap melakukan salah dan dosa akan sulit untuk menerima ilmu. Pasalnya ilmu merupakan sesuatu yang suci dan akan bersemanyam di hati yang suci. "Bahwa butuh pendekatan spiritual untuk menuju kesuksesan akademik," katanya.

Energi Baru

Kepala MAN 1 Kebumen H Mahmudin SPd MAg melalui Waka Humas Hasim Asngari menjelaskan, training motivasi tersebut dimaksudkan agar para murid mendapatkan energi baru sehingga lebih berprestasi. Training motivasi sangat penting, dengan harapan  para siswa akan siap secara mental dalam menghadapi UNBK maupun UMBN yang sudah ada di depan mata.

"Training motivasi ini sebagai bagian memberikan pembekalan para siswa kelas 12  untuk meraih kesuksesan, " ujar Hasim Asngari.

Berbagai persiapan telah dilakukan dalam rangka mengadapi UNBK yang akan berlangsung pada Senin-Kamis (9-12/4) mendatang. Antara lain pendalaman materi melalui pemberian jam tambahan di sore hari. Sebelumnya pihaknya juga menggelar mujahadah dan doa bersama kelas 12 yang diikuti pula oleh para wali murid.  

"Dengan berbagai upaya yang telah dilaksanakan, harapannya  hasil yang dicapai akan optimal," tandasnya.

(Supriyanto /SMNetwork /CN39 )

NEWS TERKINI