image

BALIHO TERBALIK: Salah satu baliho terbalik yang terpasang di perempatan Jl Dr Soetomo tepat di seberang RSU Kariadi Semarang. (suaramerdeka.com / dok)

23 Januari 2018 | 08:39 WIB | Ekonomi dan Bisnis

Soal 'Baliho Terbalik', Owner Sky Mansion Angkat Bicara

SEMARANG, suaramerdeka.com- Jejaring sosial pada Kamis (18/1) lalu dihebohkan dengan foto-foto baliho yang dipasang terbalik pada sejumlah titik di Kota Semarang. Besar kemungkinan baliho-baliho tersebut telah dipasang pada Rabu (17/1). Tak sedikit yang memandangnya sebagai "salah pasang", tapi banyak pula yang melihatnya sebagai bentuk kreativitas dalam berpromosi atau semacam strategi pasar.

Terdapat empat titik pemasangan "baliho terbalik". Pertama, persimpangan Jl MT Haryono dengan Jl A Yani (Perempatan Milo). Kedua, perempatan Jl Dr Soetomo tepat di seberang RSU Kariadi Semarang. Ketiga, di Pertigaan Jl Sukun Raya, Srondol, Banyumanik. Dan, keempat, pertigaan Kedungmundu (depan SPBU).

Baliho terbalik itu berisi iklan perumahan Skymansion Expatriate merupakan perumahan cluster yang dikembangkan di Pudak Payung, Kecamatan Banyumanik, Semarang. Sekilas, baliho itu terlihat biasa saja. Namun, jika diperhatikan lebih seksama, ada yang unik dari baliho ini. Tak hanya pemasangannya yang besar kemungkinan sengaja dibuat terbalik, tulisan dalam baliho berwarna dominan biru muda tersebut juga menggelitik.

Dalam baliho tertulis, "Harga Terbaik Sebelum Terbalik." Di bawahnya ada Rp 400 juta yang tidak dibuat terbalik dan Rp 700 juta yang dibikin terbalik.  Pemasang iklan ingin mengatakan bahwa Rp 400 juta itu merupakan harga promosi, sementara setelah tidak terbalik atau tidak promosi, harganya bakal menjadi Rp 700 juta.

Menurut Siswo Nugroho, Owner Sky Mansion, sebagai positioning bahwa konsep Skymansion expatriate berbeda dengan property lainnya. Kami merasa pemasangan iklan dengan cara seperti ini cukup efektif, dibuktikan dengan banyaknya orang yang menonton iklan tersebut dan cukup viral di media sosial.

"Untuk segmen menengah ke atas, tidak sedikit developer yg bermain di segmen yang sama dengan Skymansion expatriate. Jadi, konsep yang berbedalah yang bisa merebut pasar di segmen tersebut," demikian kata dia.

Dia menuturkan, Skymansion expatriate adalah sebuah konsep property yg terletak di daerah Semarang atas dengan view terbaik di Kota Semarang, terdiri atas 97 unit rumah untuk segmen menengah ke atas. Adapun keunggulan yang dimiliki adalah, Ultimate view: downtown, hills, dan sea. Hanging infinity pool, serta High return investment.

 

(Andika Primasiwi /SMNetwork /CN26 )