image

SENAM BERSAMA: Sebanyak 1.500 anggota Paguyuban Senam Sedyo Gawe Rahayu (Segar) senam bersama sekaligus merayakan HUT ke-82 Kebumen di Lapangan Desa Kemujan, Kecamatan Adimulyo, Kbeumen. (suaramerdeka.com/Supriyanto)

14 Januari 2018 | 19:12 WIB | Suara Kedu

1.500 Lansia Senam Bersama dan Sumbang Darah

KEBUMEN, suaramerdeka.com- Sedikitnya 1.500 anggota Paguyuban Senam Sedyo Gawe Rahayu (Segar) mengikuti senam bersama di Lapangan Desa Kemujan, Kecamatan Adilmulyo, Kebumen, Minggu (14/1). Senam bersama  yang didominasi oleh lanjut usia itu, sekaligus ikut memeriahkan hari jadi ke-82 Kabupaten Kebumen.

Selain senam bersama, acara yang dihadiri oleh jajaran Muspika Kecamatan Adimulyo itu juga dilakukan aksi sumbang darah. Kegiatan itu menggandeng PMI dan BPJS Kesehatan Cabang Kebumen.

Ketua Umum Paguyuban Segar, dokter H Supriyadi menyampaikan, paguyuban senam yang terbentuk pada 18 Nopember 2011 itu saat ini sudah memiliki sekitar 3.000 anggota yang tercatat nama dan alamatnya. Mereka tersebar di 14 desa di sejumlah kecamatan meliputi Adimulyo, Karanganyar, Puring, Sruweng, dan Petanahan. "Hari ini hanya 50 persen yang hadir, karena sekarang ini lagi musim tanam. Jadi sebagian peserta pergi ke sawah," ujar Supriyadi, kepada suaramerdeka.com di sela-sela acara.

Hidup Sehat

Dia menambahkan, meski sudah lansia para peserta tak kaget dengan senam dengan gerakan dan atraktif. Sebab, paguyuban sudah terbiasa melakukan senam secara rutin. Selain sebagai bentuk gerakan masyarakat hidup sehat, paguyuban senam ini juga sebagai wadah silaturahmi dengan pemerintah kecamatan.

"Dalam kesempatan ini juga menghadirkan customer service BPJS Kesehatan Kebumen yang melayani pendaftaran dan perubahan data serta konsultasi mau pun keluhan," ujar dokter Supriyadi, yang merupakan dokter keluarga dan menjadi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) BPJS Kesehatan di wilayah Kecamatan Adimulyo dan sekitarnya.

Kordinator Senam Segar, Dwi Yuli mengatakan, dengan mengikuti paguyuban, dia tidak hanya sehat, tetapi menambah saudara. Selain sehat secara jasmani paguyuban senam diharapkan sehat secara ruhani. "Dengan rajin berolahraga melalui senam, Insya Allah tubuh akan fit sebagai modal bekerja dan beribadah," ucapnya.

(Supriyanto /SMNetwork /CN40 )