image

Foto: suaramerdeka.com/Cun Cahya

14 Januari 2018 | 13:23 WIB | Semarang Metro

Umat Tri Dharma Sembahyang Mohon Keselamatan

SEMARANG,suaramerdeka.com- Yayasan Tjie Lam Tjay menggelar sembahyang Po Un atau yang dikenal dengan ritual tolak bala di Jalan Gang Lombok Semarang, Minggu (14/1).

Ritual ini bertujuan untuk memohon berkah, nasib baik, perlindungan serta keselamatan kepada Tuhan dan para Dewa. Sembahyang ini diikuti oleh 1.007 umat yang ingin namanya didoakan agar mendapatkan keselamatan.

Aman Gautama Ketua Yayasan Tjie Lam Tjay mengatakan sembahyang Po Un mempunyai arti Po adalah jaminan dan Un adalah keselamatan sehingga diartikan meminta jaminan keselamatan untuk satu tahun kedepan.

Prosesi acara dimulai dengan sembahyang ucapan terimakasih kepada Tuhan dan Dewa yang sudah melindungi umatnya dalam satu tahun.  Pemimpin ritual membacakan doa atau mantra diikuti oleh umat yang cara penyampaiannya dengan dilantunkan.

"Intinya memohon perlindungan selama setahun dan doa tolak bala ini semua sifatnya universal yang tidak jiong boleh ikut, tujuannya agar semua  bisa dilindungi oleh Tuhan dan dewa selamat lancar sejahtera serta khusunya untuk negara Indonesia bisa tentram dan damai," katanya.

Hampir setiap klenteng menggelar sembahyang Po Un karena ritual tersebut sudah menjadi tradisi bagi umat keturunan Tionghoa. Meskipun dalam pelaksanaan ada perbedaan di masing-masing klenteng namun tujuannya sama yakni untuk meminta keselamatan.

(Cun Cahya /SMNetwork /CN38 )