image
05 April 2018 | 10:05 WIB | LIFESTYLE

Don't Do This, Kalau Pengin Parfum Tetap Awet!

EKSPRESI - Hidup di daerah tropis, membuat kita harus ekstra dalam menjaga kesegaran aroma tubuh. Tapi kadang walaupun kita sudah mandi dan memakai parfum, pernah merasa badan cepat bau nggak sih?  Mungkin kita melakukan kesalahan yang bikin aroma parfum jadi nggak bisa bertahan lama, seperti beberapa hal berikut ini, kawan. 

1. Nggak memakai pelembap
Percaya nggak kalau memakai pelembap atau lotion sebelum menyemprotkan parfum bisa bikin aromanya jadi tahan lama lho. Pelembap berfungsi untuk menghambat proses evaporasi yang membuat aroma parfum jadi cepat hilang. Selain dengan memakai body lotion, kita dapat mencampurkan air hangat dengan minyak zaitun untuk mandi. Kita juga bisa mengaplikasikan petroleum jelly di beberapa bagian tubuh seperti pergelangan tangan.

2. Mengusap parfum
Salah satu kebiasaan yang harus kita hindari saat memakai parfum yaitu mengusap-usapkannya dengan tangan atau ke pakaian. Hal ini bisa membuat aroma parfum cepat terevaporasi. Untuk parfum semprot sebaiknya diamkan saja sampai mengering. Jika memakai parfum splash atau balm sebaiknya tepuk-tepuk pada pergelangan tangan, lipatan tubuh dan leher.

3. Menyemprotkan parfum di tempat yang salah
Kita biasanya akan menyemprotkan parfum ke seluruh tubuh untuk mendapatkan aroma yang tahan lama. Padahal cukup menyemprotkannya di beberapa bagian tubuh saja sudah bisa membuat aroma jadi tahan lama lho. Bagian tubuh seperti area nadi merupakan tempat yang paling tepat untuk menyemprotkan parfum misalnya pergelangan tangan, lipatan dalam siku, leher dan ketiak.

4. Nggak langsung memakai parfum setelah mandi
Kalau kamu masih berpikir untuk memakai parfum sesaat sebelum beraktivitas supaya badan tercium aroma segar, mulai sekarang hindari kebiasaan itu deh. Karena waktu yang paling tepat untuk memakai parfum yaitu setelah kita mandi. Tubuh kita menghasilkan panas alami yang bisa membuat aroma parfum jadi semakin wangi dan tahan lama selama beberapa jam. Kita juga harus menyemprotkannya langsung pada kulit ya, girls supaya nggak merusak pakaian. 

5. Meletakkan parfum yang terpapar sinar matahari
Sebaiknya jangan meletakkan parfum di tempat yang panas atau terpapar sinar matahari karena bisa mengubah aroma dan membuatnya jadi nggak tahan lama. Simpan parfum di tempat yang yang dingin dan gelap atau kita bisa menyimpannya di kulkas.

Foto: thesun.co.uk

(Femna /SMNetwork )